Jenis Refractory Berdasarkan Sifat Bahan Kandungan

Jenis Refractory Berdasarkan Sifat Bahan Kandungan

Loka Refractories - Seperti yang kita ketahui, refractory atau material tahan panas dan api memiliki beragam jenis dan diklasifikasikan menjadi beberapa kelompok. Artikel ini akan membahas mengenai klasifikasi refraktori berdasarkan sifat bahan kandungan.

Material refractory dapat bersifat asam, netral, atau basa. Hal tersebut dilihat dari ketahanannya terhadap slag dan atmosfer dengan sifat-sifat tersebut.

Apa saja material yang termasuk kedalam tiga klasifikasi tersebut? Berikut penjelasan jenis refractory berdasarkan sifat bahan kandungan.

Jenis Refractory berdasarkan Sifat Bahan Kandungan

1. Asam

Refractory yang bersifat asam artinya material tersebut tahan terhadap atmosfer udara dan slag yang bersifat asam (pH 1-6). Contoh dari refraktori asam yaitu: Silika, Zirconia, dan Alumino-silicate.

2. Netral

Jika material refractory tahan pada kondisi asam dan juga basa (pH 7), artinya ia bersifat netral. Material refractory yang bersifat netral yaitu: Alumina, Carbon containing, dan Chromite.

3. Basa

Material refractory yang tahan dengan atmosfer dan slag basa (pH 8-14) berarti material tersebut bersifat basa. Contoh refractory basa yaitu: Magnesite, Dolomite, dan Magnesite chrome.

Demikian penjelasan mengenai jenis refractory berdasarkan sifat sifat bahan kandungannya.
Article Jenis Refractory Berdasarkan Sifat Bahan Kandungan