Jenis Refractory: Klasifikasi Berdasarkan Bentuk

Jenis Refractory: Klasifikasi Berdasarkan Bentuk

Loka Refractories - Refractory yaitu material tahan panas dan api. Saat ini material tersebut dibutuhkan oleh banyak bidang industri di Indonesia seperti pupuk, kertas, makanan, dan masih banyak lagi.

Jenis refractory beraneka ragam dan diklasifikasikan menjadi beberapa kelompok. Salah satunya yaitu berdasarkan bentuk.

Dilihat dari bentuknya, material refraktori terdiri dari shaped refractories, unshaped refractories, dan fibrous material. Simak penjelasan jenis refractory berikut ini.

Jenis Refractory Berdasarkan Bentuk

1. Shaped refractories

Shaped refractories yaitu material refractory yang melalui proses pembentukan dengan mesin press tekanan tinggi sehingga memiliki bentuk yang definit.

Biasanya, shaped refractories atau yang disebut juga dengan brick diaplikasikan pada furnace, kiln, tanki kaca, atau insinerator lining.

2. Unshaped refractories

Berbeda dengan shaped refractories, unshaped refractories tidak melalui proses pembentukan dengan mesin press sehingga tidak memiliki bentuk pasti.

Unshaped refractories atau bisa juga disebut monolithic refractories memiliki beberapa jenis diantaranya Mortar, Castable, Plastic, Gunning dan Ramming Mix, dan masih banyak lagi.

3. Fibrous Material

Fibrous Material yang memiliki jenis ceramic fiber merupakan material refractory berupa serat sintetis. Beberapa macam fibrous material antara lain blanket, felt, module, vacuum form, rope dan loose fiber.


Demikian jenis refractory berdasarkan bentuk. PT. Loka Refractories siap memenuhi kebutuhan refractory baik shaped maupun unshaped untuk kebutuhan industri Anda.

Article Jenis Refractory: Klasifikasi Berdasarkan Bentuk