Monolithic Refractory: Definisi, Kelebihan, hingga Jenisnya

Monolithic Refractory: Definisi, Kelebihan, hingga Jenisnya

Loka Refractories - Berdasarkan bentuknya, material refractory dibagi menjadi shaped/brick refractory, unshaped/monolithic refractory, dan fibrous material.

Penjelasan singkat dari klasifikasi tersebut telah dipaparkan pada artikel sebelumnya dengan judul Jenis Refractory: Klasifikasi Berdasarkan Bentuk.

Pada artikel ini akan berfokus penjelasan dari monolithic refractory. Ingin menambah wawasan lebih dalam mengenai material tersebut? Simak penjelasannya dari definisi sampai jenis produknya.

Apa itu Monolithic Refractory?

Monolithic refractory yaitu material tahan panas dan api yang tidak melalui proses pembentukan oleh mesin press juga pembakaran sebelum sampai ke tangan konsumen.

Hal itulah yang membuat material ini tidak memiliki bentuk definit, artinya monolithic refractory dapat dibentuk atau dicetak sesuai dengan keinginan saat diaplikasikan.

Kelebihan Monolithic Refractory dari Shaped Refractory

Salah satu bentuk lain dari refractory yaitu shaped refractory yang berlawanan dengan monolithic, ia memiliki bentuk definit. Dibandingkan dengan shaped, monolithic memiliki beberapa keunggulan
diantaranya :

1. Tidak adanya sambungan yang biasa menjadi titik kelemahan produk shaped refractory;

2. lebih cepat untuk digunakan dan lebih mudah penanganan dan pengangkutannya;

3. coverage yang lebih baik untuk mengurangi downtime saat maintenance;

4. hemat tempat penyimpanan karena tidak memiliki bentuk definit;

5. lebih hemat panas;

6. lebih tahan spalling atau korosi;

7. dan memiliki stabilitas volume lebih besar.


Aplikasi Monolithic Refractory

Aplikasi dari monolithic refractory dilakukan dengan penyemprotan, ramming, casting, atau molding. Refractory jenis ini umumnya diaplikasikan untuk mengisi celah dan perekat batu tahan api dan pada lining.

Jenis-jenis Monolithic Refractory

1. Castable

Castable yaitu jenis refractory yang mencampurkan bahan baku dan chemical binder menggunakan air kemudian dibentuk menggunakan cetakan/cast. Chemical binder yang sering digunakan yaitu high alumina castable (HAC), hydratable alumina, dan colloidal silica. Menambahkan chemical binder akan membentuk ceramic bond setelah pemanasan.

Bentuk lain dari castable yaitu Insulating castable yang memiliki fungsi utama untuk menghasilkan thermal insulation. Jenis castable ini memiliki low density, low thermal conductivity, serta memiliki tenaga mekanis lebih rendah dari castable biasa.

2. Plastic

Plastic yaitu monolithic refractory yang diaplikasikan menggunakan rammer tanpa perlu mempersiapkannya terlebih dahulu. Plastic refractory didistribusikan dengan dibungkus polyethilene dalam kondisi keras dan berbentuk balok.

3. Ramming mix

Ramming mix yaitu refractory berbentuk butiran yang diperkuat oleh susunan ceramic bond setelah dipanaskan. Material ini mirip dengan plastic refractory namun lebih keras. Sama seperti plastic refractory, ramming mix diaplikasikan menggunakan pneumatic rammer.

4. Mortar

Mortar yaitu material yang digunakan untuk merekatkan bata tahan api pada sebuah lining. Awalnya, mortar tidak termasuk shaped juga unshaped refractory. Ada tiga jenis mortar yaitu heat-setting, air-setting, dan hydraulic setting.

5. Gunning

Gunning mix yaitu material monolithic refractory yang pengaplikasiannya dengan cara disemprotkan ke permukaan atau dinding menggunakan berbagai macam alat berupa air placement gun.

6. Slinger mix

Slinger mix yaitu material yang diaplikasikan menggunakan mesin slinger.

7. Patching and Coating Materials

Material tersebut memiliki sifat yang mirip dengan mortar, namun ukuran butirannya lebih terkontrol sehingga cocok untuk patching dan coating.

8. Light-weight castables

Material refractory yang dihasilkan dengan mencampurkan semen hydraulic, bahan baku yang ringan dan berpori, dan air. Light-weight castables dibentuk dengan cetakan dan diaplikasikan pada lining furnace, kiln, dan lain sebagainya.



Sumber:

- The Technical Association of Refractories, Japan. 1998. Refractories Handbook. Tokyo: The Technical
Association of Refractories, Japan.

- Gupta, O.P. 2018. Elements of Chemical Process Technology. New Delhi: Khanna Book Publishing.


Article Monolithic Refractory: Definisi, Kelebihan, hingga Jenisnya