Yuk, Kenalan dengan Refractory Semen Tahan Api Castable!

Yuk, Kenalan dengan Refractory Semen Tahan Api Castable!

Loka Refractories - Apakah Anda familiar dengan semen tahan api castable? Jika tidak, Anda beruntung karena artikel ini akan menambah wawasan Anda material refractory tersebut.

Seperti yang telah dibahas pada artikel Monolithic Refractory: Definisi, Kelebihan, hingga Jenisnya , semen tahan api castable adalah salah satu monolithic refractory yang mencampurkan bahan baku dan chemical binder menggunakan air kemudian dibentuk menggunakan cetakan/cast.

Chemical binder yang sering digunakan yaitu high alumina castable (HAC), hydratable alumina, dan colloidal silica. Menambahkan chemical binder akan membentuk ceramic bond setelah pemanasan. Castable yang juga biasa disebut concrete refractory ini biasa digunakan untuk melapisi furnace, kiln, dan lain sebagainya.

Produk castable jenis alumina dan alumina silikat telah terdaftar sebagai produk SNI (Standar Nasional Indonesia) dengan nomor SNI 15-0809-2001. Dua jenis castable tersebut diklasifikasikan sebagai berikut.

Klasifikasi Castable Alumina dan Alumina Silikat

1. Regular Castable

Regular castable memiliki kandungan semen hidrolis dan CaO kurang dari 2,5%. Terdapat dua tipe regular castable berdasarkan MOR (Modulus of Rupture) yaitu tipe normal (MOR ≥ 300 psi) dan tipe kekuatan tinggi (MOR ≥ 600 psi). Permanen linear shrinkage tidak boleh lebih dari 1,5% pada suhu bakar.

2. Low Cement Castable

Castable yang kandungan CaO-nya antara 1-2,5%.

3. Ultra Low Cement Castable

Castable yang kandungan CaO-nya antara 0,2-1%.

4. No Cement Castable

Castable yang kandungan CaO-nya kurang dari 0,2% dan berasal fari agregat.

5. Insulating Castable

Insulating castable memiliki fungsi utama untuk menghasilkan thermal insulation. Jenis castable ini memiliki low density, low thermal conductivity, serta memiliki tenaga mekanis lebih rendah dari castable biasa. Permanent linear shrinkage-nya tidak boleh lebih dari 1,5% pada suhu bakar.

Selain itu, terdapat jenis castable yang dikelompokkan berdasarkan proses ikatannya sebagai berikut.

Jenis Castable berdasarkan Proses Ikatan

- Castable yang mengeras pada suhu kering

Ikatan yang kuat dan material yang padat akan terbentuk dari reaksi butiran refractory dengan bahan matriks pada media air. Matriks yang dimaksud yaitu semen tahan api dan fosfat.

- Castable yang mengeras pada suhu tinggi

Terbentuk ikatan yang kuat antara butiran refractory dengan matriks berupa ceramic bond (clay) sehingga terjadi pengerasan pada suhu relatif tinggi.

Sumber:

- Gupta, O.P. 2018. Elements of Chemical Process Technology. New Delhi: Khanna Book Publishing.

Article Yuk, Kenalan dengan Refractory Semen Tahan Api Castable!