6 Industri yang Membutuhkan Refractory

6 Industri yang Membutuhkan Refractory

Loka Refractories - Tahukah Anda bahwa material refractory berjasa terhadap kelangsungan hidup kita semua?

 

Material refractory ternyata memiliki peran besar loh, terhadap adanya hal-hal yang kita butuhkan sehari-hari seperti bahan bakar, kendaraan, listrik, tempat tinggal, dan masih banyak lagi. 

 

Hal itu yang membuat material refractory dapat disebut sebagai pondasi dari industri-industri berikut. Mau tahu apa saja? Simak penjelasannya di bawah ini ya!

 

6 Industri yang membutuhkan refractory

 

1. Smelter

Smelter yaitu industri yang mengolah hasil tambang sehingga kandungan logam meningkat. Smelter sendiri berasal dari kata smelting, yaitu pemisahan logam murni dari bijih logam.

 

Proses pemisahan logam murni dari bijih logam membutuhkan suhu yang sangat tinggi. Disinilah material refractory berperan.

 

2. Industri semen

Pada industri semen material refractory memiliki peran sebagai pelindung steel shell dan kiln shell dari material panas, suhu gas, dan abrasi.

 

Selain itu, refractory berperan untuk mengontrol aliran material melalui kiln. Material refractory yang bersifat basa kerap kali digunakan oleh industri ini.

 

3. Industri besi dan baja

Berbagai macam refractory dibutuhkan dalam produksi besi dan baja yang mengoperasikan furnace.

 

Material refractory biasa diaplikasikan pada backup zone dan working interface dari furnace terseut sesuai fungsinya, diantaranya pencetakan, pencampuran, pemindahan cairan logam panas, baja cair dan slag.

 

4. Industri kaca dan keramik

Kaca dan keramik diproduksi melalui proses pembakaran menggunakan oven kiln/furnace.

 

Material refractory adalah komponen yang krusial dari oven tersebut. Penggunaan material refractory berperan dalam pembakaran yang sempurna sehingga menghasilkan produk berkualitas.

 

5.Industri kimia dan migas

Industri kimia dan migas melibatkan energi panas dan tekanan yang sangat tinggi, sehingga dibutuhkan material refractory.

 

Material refractory dengan alumina tinggi dan isolasi dibutuhkan pada reformer, furnace, reaktor, burner, dan masih banyak lagi.

 

6. Industri aluminium Proses

Produksi aluminium membutuhkan suhu yang sangat tinggi, seperti pada proses refining dan melting. 

 

Berbagai macam material refractory biasa diaplikasikan pada ladle dan furnace tergantung prosesnya. 

 

Industri-industri yang membutuhkan material refractory tidak sebatas yang tercantum di atas. Masih banyak industri lain dengan berbagai skala yang membutuhkan refractory. 

 

Demi keberlangsungan industri, perlu digunakan material kualitas baik karena kegagalan refractory dapat menimbulkan kerugian yang cukup besar. 

 

Ingin mendapatkan material refractory berkualitas? Hubungi kami sekarang! 

 

LOKA REFRACTORIES 

 

E-mail: info@lokarefractories.com 
Telp : (031)7663307, 0821-4280-8500 

Source:  1 2

Artikel 6 Industri yang Membutuhkan Refractory
Latest Artikel
Proses Dryout Castable
Proses Dryout Castable