Refractory: Definisi, Fungsi, dan Aplikasinya

Refractory: Definisi, Fungsi, dan Aplikasinya


Loka Refractories - Material refractory dapat dikatakan sebagai nafas dari industri yang menggunakan energi panas secara langsung maupun tidak langsung.

Lantas, apakah yang dimaksud dengan material refractory dan seperti apa fungsi dan aplikasinya? Simak penjelasannya di bawah!

Apa itu refractory?

Refractory adalah material yang dapat mempertahankan bentuk fisik dan kandungan kimianya setelah mengalami kontak dengan panas tinggi dalam waktu yang relatif panjang.

Secara harafiah, refractory memiliki arti sesuatu yang bersifat keras kepala atau stubborn.

Tidak hanya secara bahasa, terdapat beberapa definisi refractory diantaranya:

1. Menurut ASTM 71, refractory diartikan sebagai bahan non-logam yag memiliki sifat-sifat kimia dan fisika yang dapat digunakan untuk struktur atau sebagai komponen dari sistem, yang berada di lingkungan suhu diatas 1000 °F (811 °K; 538 °C).

2. Menurut JIS R 2001-1985, refractory yaitu bahan dengan bentuk tetap yang tahan lama pada suhu tinggi (>1500 °C) dan bahan tak berbentuk (mortar, castable, plastic, dll) dan bata tahan api dengan suhu penggunaan > 800 °C.

Mengapa material refractory dibutuhkan?

Fungsi refractory tidak sebatas menahan suhu tinggi, diantaranya yaitu:

1. Melindungi dinding reaktor/tungku terhadap suhu tinggi, gas panas, katalis, leburan dan larutan. Sehingga lifetime dari alat menjadi lebih lama;

2. Mengurangi heat loss atau panas yang keluar dari tungku dan sejenisnya;

3. Menjaga kestabilan suhu operasi didalam peralatan;

4. Melindungi pekerja dari ancaman panas tinggi;


Setelah mengetahui tentang fungsi refractory, Anda pasti penasaran mengenai aplikasinya bukan?

No need to worry, Anda dapat menyimak aplikasi refractory diantaranya sebagai berikut.

Aplikasi Material Refractory

Refractory dapat diaplikasikan pada lining di proses thermal (melting, firing, heat-treatment furnaces) untuk industri logam dan non-logam.

Pada industri metalurgi, material refractory diaplikasikan di lapisan dalam alat untuk menampung dan menyalurkan logam dan terak.

Sedangkan pada industri non-logam, refractory diaplikasikan pada fired heater, hidrogen reformer, catalytic cracking unit, coke calciner, sulfur furnace, air heater, ducting, cerobong, dan sejenisnya.

Selain pada penjelasan di atas, refractory juga diaplikasikan sebagai insulasi panas, atau peredam panas agar tidak keluar dari alat.

Material refractory terdiri dari berbagai macam sesuai kebutuhan aplikasinya.

Material refractory? Di mana kita bisa beli?

Indonesia memiliki banyak produsen bahan refraktori. Tapi bagaimana kita bisa menemukan bahan refraktori terbaik yang dibutuhkan untuk industri kita?

Jika itu yang Anda cari, hubungi saja Loka Refraktories! Kami akan menyediakan bahan kualitas terbaik yang dapat disesuaikan sesuai kebutuhan Anda untuk menjaga bisnis Anda tetap berjalan.

Anda dapat mengirimkan kebutuhan Anda ke:
PT. Loka Refractories Wira Jatim
E-mail : [email protected]
Telepon : 031-7663307
Whatsapp : 0821-4280-8500
Artikel Refractory: Definisi, Fungsi, dan Aplikasinya